5 Aplikasi Dating Terpopuler, Jomblo Merapat!

Jurnaljabar.co.id – Di era digital sekarang ini, mencari teman atau pasangan dari aplikasi dating alias kencan online bukan lagi hal yang tabu. Nyatanya, banyak pasangan yang sudah menikah, berawal dari aplikasi dating online ini. Sering diremehkan, aplikasi dating ini sebenarnya bisa berguna jika Anda berhati-hati.

Berikut beberapa tips aman menggunakan aplikasi dating beserta rekomendasi yang paling populer di Indonesia

Tips Aman Mencoba Aplikasi Dating

Ada banyak alasan mengapa seseorang mencoba mencari jodoh melalui kencan online. Bukan berarti Anda putus asa, karena tidak ada salahnya bertemu orang baru. Namun, banyak laporan kasus kencan online tidak sesuai harapan, penting untuk mempersiapkan diri.

Baca Juga: Aplikasi Cuaca Wibu Terpopuler, Awas 18+

Ada banyak scammers dan scammers online, jadi penting bagi Anda untuk tetap waspada.

Berikut adalah beberapa tips aman yang bisa dicoba pria dan wanita saat ingin menjajal aplikasi dating online:

  1. Pilih aplikasi dengan rating tinggi. Coba tanya teman yang sudah mencobanya
  2. Tidak perlu menuliskan nama lengkap atau tempat kerja di profil aplikasi
  3. Sebelum memilih pria/wanita yang Anda sukai, perhatikan kredibilitas profilnya
  4. Saat berkenalan, jangan bagikan alamat, nomor ponsel, email, atau data penting lainnya. Tetap terhubung melalui aplikasi.
  5. Jika Anda merasa cocok dan ingin bertemu, pilihlah tempat yang ramai
  6. Beri tahu orang-orang terdekat Anda nama teman kencan dan tempat pertemuan. Lebih baik memberi kabar sebelum dan sesudah kencan.
  7. Mengingat dia masih dalam tahap awal mengenal satu sama lain, lebih baik kamu pulang ke rumah sendiri. Jangan biarkan dia menjemput atau mengantar Anda.

Rekomendasi Aplikasi Dating online terpopuler

Ada berbagai jenis aplikasi dating atau aplikasi kencan online. Jangan hanya bertanya pada teman yang sudah mencobanya, coba lihat reviewnya sebelum mendownload.

Baca Juga : Cara Menggunakan Aplikasi Get Contact Mudah dan Lengkap 

Ingatlah bahwa tidak peduli seberapa bagus sebuah aplikasi, akan selalu ada penipu/iseng, pemangsa seksual, atau bahkan penipuan. Jadi, jangan terlena untuk bertemu.

Agar lebih mudah, kamu bisa memilih aplikasi kencan online yang direkomendasikan di artikel ini:

1. Dating.com

aplikasi dating

Dating.com bisa dibilang telah menjadi pelopor situs kencan online sejak tahun 1993, jauh sebelum munculnya aplikasi kencan online terbaru.

Untuk mengikuti kemajuan teknologi, Dating.com juga memiliki aplikasi dengan nama serupa.

Anda dapat bertemu orang-orang dari lebih dari 40 negara, dari Asia, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Latin. Cukup mendaftar, membuat profil, lalu mengatur preferensi orang yang Anda sukai.

Anda tidak perlu khawatir, karena Dating.com sepenuhnya aman. Anda tidak perlu memasukkan nomor ponsel, alamat rumah, email atau tempat kerja di profil Anda.

2. Tinder

aplikasi dating Tinder

Bisa dibilang, aplikasi kencan online Tinder sedang viral dan populer di Indonesia. Alasannya mudah digunakan, sederhana, dan fitur yang dapat Anda sesuaikan dengan keanggotaan.

Aplikasi ini cocok untuk yang sedang mencari pacar atau teman baru. Apalagi penggunanya sudah menjangkau hingga 190 negara.

Ada beberapa opsi keanggotaan yang bisa dicoba, seperti anggota Gratis, Tinder Plus, Tinder Gold, dan Tinder Premium.

Beberapa kegunaan keanggotaan adalah:

  • Ubah negara asal. Oleh karena itu, tidak ada batasan jarak maksimum. Anda masih dapat mengubahnya ke negara mana pun.
  • Lihat profil mana yang digeser (swipe) ke kanan
  • Peluang profil Anda dilihat oleh banyak orang meningkat.

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi VPN Aman Anti Blokir untuk Smartphone

3. Bumble

aplikasi dating bimbel

Bumble  adalah aplikasi kencan online populer lainnya di Indonesia. Sama seperti kebanyakan aplikasi kencan online lainnya, Anda perlu mendaftar dan kemudian membuat profil terlebih dahulu.

Aspek gimnya tidak jauh berbeda, Anda dapat menggesek ke kiri jika tidak tertarik dengan profil pengguna, dan menggesek ke kanan jika ingin mengenal mereka.

Nanti akan ada notifikasi kecocokan jika kalian saling menyukai profil.

Kabarnya, pencipta Bumble adalah pasangan yang menjadi pendiri. Jadi, tidak seperti aplikasi lain, wanita dapat mengirim pesan untuk pertama kalinya.

Ada batas waktu 24 jam untuk mengirim pesan ini. Lebih dari itu, Anda tidak dapat mengirim pesan lagi kecuali pria itu menambahkan waktu. Anda juga dapat mengubah ke keanggotaan premium untuk mendapatkan fitur tanpa batas.

Menariknya, ada fitur tanya jawab, voice call, dan video call yang bisa kamu coba.

4. Coffee Meets Bagel

aplikasi kencan online

Mungkin Anda belum familiar dengan aplikasi kencan online yang satu ini. Namun, ini adalah aplikasi yang sepenuhnya aman, andal, dan mewah, media sosial yang setara dengan LinkedIn.

Pasalnya, profil yang akan Anda buat nantinya lebih mendalam. Profil tersebut akan mencakup pandangan hidup, pekerjaan favorit, dan banyak lagi.

Jika Anda sudah swipe dan keduanya cocok, trivia akan dikirim secara otomatis melalui aplikasi, menganggap orang tersebut sebagai pesan awal.

5. Oke Cupid

aplikasi kencan online

Pilihan aplikasi kencan online lain yang bisa kamu coba karena memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak di Indonesia adalah OK Cupid.

Pada tahun 2004 OK Cupid dimulai sebagai situs kencan online. Baru pada 2012, mereka meluncurkan aplikasi dengan nama yang sama untuk memudahkan pengguna bertemu orang baru.

Ketika Anda mengisi profil Anda, akan ada sejumlah pertanyaan yang nantinya akan dimodifikasi sesuai dengan preferensi pria atau wanita pilihan Anda. Misalnya film favorit, selera musik, atau hobi.

Anda tidak hanya dapat memilih profil dengan menggesek ke kiri atau ke kanan, suka Anda juga dapat mengirimkan pertanyaan spesifik kepada Anda. Jika Anda ingin membalas, tandanya cocok.

Originally posted 2023-05-07 20:38:40.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *