Selayang Pandang Coldplay dan Tour Dunia 2022

Band asal Inggris, Coldplay kini tengah menjadi perbincangan publik. Bagaimana tidak, band rock ini akan menyapa para penggemar dengan rangkaian konser Coldplay yang akan digelar di berbagai belahan dunia pada 2022 dan 2023 mendatang.

Mengejutkannya lagi, Jin BTS akan meramaikan konser Coldplay di Argentina, dengan membawakan lagu barunya “The Astronaut.

Dilansir dari Ibtimes.sg, Rabu (26/10/2022), band yang dibentuk oleh Chris Martin dan gitaris Jonny Buckland pada tahun 1996 ini mulanya bernama Pectoralz. Tapi, ketika bassis Guy Berryman bergabung dengan grup, mereka mengganti nama itu dengan Starfish.

Untungnya, mereka memilih Coldplay setelah grup itu bergabung dengan Phil Harvey dan drummer/vokalis Will Champion. Nama itu diambil dari sesama mahasiswa UCL lainnya, Tim Crompton, yang membuangnya untuk bandnya sendiri karena dia menganggapnya terlalu menyedihkan.

Band beranggotakan empat orang dikenal dengan menciptakan melodi yang mengesankan dan produksi panggung yang fantastis. Coldplay juga dikenal dengan sejumlah lagu hit-nya, termasuk Yellow, Clocks, The Scientist, Speed ​​of Sound, Fix You, Viva La Vida dan lain-lain.

Sejak tahun 2008, Coldplay telah menggunakan studio yang mana juga berfungsi sebagai tempat hangout dan markas mereka yang disebut dengan Coldplay HQ. Uniknya, berbeda dari band-band besar lain yang memiliki studio dan markas di kawasan elite, mereka justru menjadikan bangunan bekas toko roti di kawasan London Utara untuk dijadikan studio dan markas.

Coldplay Senang Beramal dan Tak Melakukan Endorse

Selama bertahun-tahun, band asal Inggris ini telah menolak banyak tawaran dari merek besar, termasuk Coca-Cola, Gatorade, dan Gap. Menurut laporan, sebuah merek pernah menawari mereka dalam jumlah besar untuk menggunakan lagu Yellow di salah satu iklan mereka.

Martin pernah berkata bahwa, “Kami tidak akan bisa hidup dengan diri kami sendiri jika kami menjual makna lagu seperti itu.”

Band yang membawakan nafas britpop ini dikenal sering melakukan kegiatan sosial. Terbukti mereka telah mendukung sekitar 25 lembaga kemanusiaan di seluruh dunia.

Kegiatan amal tersebut dilakukan dari memberikan santunan materi kepada yayasan kanker dan anak-anak sampai melakukan demonstrasi di atas panggung.

Rutinitas dalam kegiatan amal ini mulai Coldplay lakukan sejak awal 2000-an. Yang tercatat menjadi kegiatan amal pertama mereka adalah kampanye Meat Free Monday. Kampanye tersebut dilakukan dalam rangka melawan kelaparan.

Setelah itu, band yang dimotori Chris Martin ini bergerak mendukung yayasan anak-anak bernama Kids Company, yang menaungi 18.000an anak miskin di kota Bristol dan London.

Tak tanggung-tanggung, Coldplay sampai memberikan pendidikan akademis dan emosional terhadap mereka. Pada 2010, Coldplay bersama beberapa musisi dunia menggalang bantuan untuk korban gempa bumi Haiti.

Tak berhenti sampai di situ, pada 2012, Coldplay memperluas bantuan sosialnya dengan mendukung organisasi Amnety International. Usaha Coldplay dilanjutkan dengan mendukung organisasi sosial dibidang perdagangan yakni Fair Trade. Organisasi ini bertugas membantu menjaga kestabilan perdagangan di negara-negara dunia ketiga.

Namun, tahukah kamu darimana Coldplay mengumpulkan dana amal tersebut? Mereka nyatanya mengumpulkan dana-dana tersebut dari honor mereka sendiri. Diketahui, Martin dan kawan-kawan selalu memotong honor mereka sebesar 10 persen untuk disumbangkan ke badan amal.

Jin BTS Akan Tampil di Konser Coldplay

Jin BTS akan tampil untuk pertama kalinya dengan Coldplay di konser yang akan berlangsung di Argentina. Melansir dari Soompi, Rabu (26/10/2022), Jin rencananya akan membawakan lagu barunya “The Astronaut” bersama Coldplay dalam tur dunia Music Of The Spheres.

Sementara itu, BTS mengunggah percakapan antara Chris Martin Coldplay dan Jin di media sosial. Dalam pesan tersebut, Chris Martin mengundang Jin untuk bergabung dengan bandnya di perhentian mereka di Argentina dalam tur dunia pada 28 Oktober mendatang.

Menurut Big Hit Entertainment, konser tersebut tidak akan disiarkan langsung secara online, tetapi video penampilan Jin akan diunggah pada 29 Oktober pukul 3 sore (KST) di Bangtan TV.

“The Astronaut” adalah debut solo Jin. Lagu ini ditulis bersama oleh Coldplay dan anggota band juga dikreditkan untuk vokal latar, gitar, dan keyboard.

Nah, bagi Colplayers dan ARMY jangan khawatir! Karena siaran konser Coldplay akan ditayangkan pada 29 Oktober 2022, di bioskop termasuk Indonesia. Berikut daftar bioskop CGV yang menayangkan konser Coldplay:

Jakarta : Grand Indonesia, AEON Mall JGC

Bekasi : Lagoon Avenue Bekasi

Depok : Depok Mall

Tangerang Selatan : Teras Kota

Karawang : Festive Walk

Bandung : 23 Paskal Bandung

Cirebon : Grage City Mall

Purwokerto : Rita Supermall

Malang : Malang City Point

Surabaya : Marvell City

Yogyakarta : Hartono Mall

Solo : Transmart Solo

Lampung : Transmart Lampung

Makassar : Panakukang Square

Batam : Grand Mall Batam

Harga tiket konser Coldplay untuk wilayah Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang Selatan, Bandung dan Surabaya dijual seharga Rp 300 Ribu.

Sedangkan untuk Karawang, Cirebon, Purwokerto, Malang, Yogyakarta, Solo, Lampung, Makassar dan Baran dibanderol dengan harga Rp 250 Ribu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *