Cara Screenshot iPhone Lengkap tanpa Ribet

cara screenshot iphone

Jurnaljabar.co.idCara screenshot iphone menjadi hal penting untuk diketahui para pengguna supaya bisa lancar mengambil gambar layar. Screenshot adalah salah satu fitur yang sering digunakan pada iPhone untuk menangkap tampilan layar dan membagikannya dengan orang lain. Dengan menggunakan metode yang benar, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot dalam hitungan detik. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara yang berbeda untuk mengambil screenshot pada iPhone Anda.

cara screenshot iphone

Cara Screenshot iPhone Lengkap tanpa Ribet

Penggunaan smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Salah satu smartphone paling populer adalah iPhone, yang menawarkan berbagai fitur dan kemampuan yang menakjubkan. Salah satu fitur yang sering digunakan pada iPhone adalah kemampuan untuk mengambil screenshot, yaitu menangkap tampilan layar dan membagikannya dengan orang lain.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa metode yang mudah dan cepat untuk mengambil screenshot pada iPhone Anda. Mulai dari kombinasi tombol yang sederhana hingga penggunaan fitur AssistiveTouch dan Siri, kami akan memandu Anda langkah demi langkah untuk memperoleh screenshot yang sempurna. Berikut adalah cara-caranya:

1. Tombol Side dan Tombol Volume

Metode pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Side dan tombol Volume pada iPhone. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi atau tampilan layar yang ingin Anda tangkap screenshot-nya.
  2. Tekan dan tahan tombol Side (atau tombol Power) yang terletak di sisi kanan iPhone Anda.
  3. Sambil menahan tombol Side, tekan tombol Volume Up (atau tombol Volume Atas) yang terletak di sisi sebelah kiri iPhone Anda.
  4. Lepaskan kedua tombol secara bersamaan.
  5. Layar akan berkedip singkat, dan suara shutter kamera akan terdengar (jika tidak dalam mode senyap). Ini menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.

2. AssistiveTouch

Jika tombol pada iPhone Anda sulit dijangkau atau tidak berfungsi dengan baik, Anda dapat menggunakan fitur AssistiveTouch untuk mengambil screenshot. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan pada iPhone Anda.
  2. Pilih menu “Umum” dan lanjutkan ke “Aksesibilitas”.
  3. Gulir ke bawah dan temukan opsi “AssistiveTouch”. Aktifkan fitur ini.
  4. Ketika AssistiveTouch telah diaktifkan, akan muncul sebuah ikon mengambang di layar iPhone Anda.
  5. Ketuk ikon AssistiveTouch, kemudian ketuk “Device” dan pilih “More”.
  6. Pilih “Screenshot” dari opsi yang tersedia.
  7. Layar akan berkedip singkat dan screenshot akan disimpan di album “Foto”.

3. Menggunakan Siri

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Siri untuk mengambil screenshot pada iPhone. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Aktifkan Siri dengan menekan dan menahan tombol Home atau dengan menggunakan perintah suara “Hey Siri”, tergantung pada model iPhone Anda.
  2. Setelah Siri aktif, katakan “Take a screenshot”.
  3. Siri akan mengambil screenshot tampilan layar dan menyimpannya di album “Foto”.

4. Menggunakan Apple Pencil (hanya untuk iPhone dengan dukungan Apple Pencil)

Jika Anda menggunakan iPhone yang mendukung Apple Pencil, Anda dapat menggunakan stylus ini untuk mengambil screenshot. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi atau tampilan layar yang ingin Anda tangkap screenshot-nya.
  2. Tempelkan ujung Apple Pencil di sudut layar yang ingin Anda tangkap.
  3. Geser stylus ke arah yang berlawanan, seperti menulis dengan pensil.
  4. Layar akan berkedip singkat, menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.

Akhir Kata

Itulah beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot pada iPhone Anda. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan preferensi dan kemampuan Anda. Semua metode tersebut relatif mudah dan cepat dilakukan, sehingga Anda dapat dengan mudah berbagi tampilan layar iPhone Anda dengan orang lain.

Originally posted 2023-05-22 14:19:07.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *