Tidak Hanya Karedok, Ini Kuliner Khas Sunda yang Wajib Kamu Coba

JURNALJABAR.CO.ID – Selain Karedok, Ini kuliner khas Sunda yang wajib kamu coba. Tanah air kita Indonesia memang memiliki keanekaragaman budaya masing-masing, termasuk dalam bidang kuliner khasnya.

Cita rasa yang khas dan berbeda dengan daerah lainnya, menciptakan makanan lokal yang lezat dan unik. Jika berkunjung ke Jawa Barat, tidak ada salahnya mencicipi beberapa makanan khas Sunda yang pasti akan membuat Anda ketagihan ingin mencobanya lagi.

Beberapa makanan dari Sunda bahkan sudah dikenal di seluruh penjuru negeri bahkan diantaranya sampai ke luar negeri.

1. Nasi tutug oncom

Nasi Tutug Oncom adalah kuliner khas Tasikmalaya yang terbuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar.

Baca Juga: Cara Mudah Kirim Video Durasi Panjang di WhatsApp

Makanan ini dibuat dari perpaduan nasi dan oncom yang ditumbuk (tutug) menjadi satu. Karena oncom tidak bisa tahan lama, maka untuk membuat nasi tutug oncom ini harus disajikan dalam keadaan hangat.

2. Kupat Tahu

Kupat Tahu merupakan kuliner tradisional khas Sunda, Jawa Barat. Hidangan Kupat Tahu terbuat dari ketupat, bumbu kacang atau petis, tahu goreng, serta bahan pelengkap lainnya. Lontong juga bisa Anda gunakan sebagai alternatif ketupat.

3. Nasi Timbel

Nasi timbel adalah masakan Sunda yang populer di Jawa Barat dan Banten. Makanan ini biasanya dibuat dari beras bagolo atau beras merah campuran yang dimasak dengan bungkus daun pisang.

4. Mie kocok

Mi kocok adalah hidangan mi bercitarasa kaldu sapi khas kota Bandung. Hidangan ini terdiri atas mi kuning yang disajikan dalam kuah kaldu sapi kental, irisan kikil (tendon kaki sapi), taoge, bakso, jeruk nipis, dan ditaburi irisan seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Beberapa resep mungkin menambahkan babat sapi.

Originally posted 2022-02-02 07:44:06.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *