Inilah Beberapa Jenis Bakso yang Mempunyai Nama dan Bentuk yang Unik

JURNALJABAR.CO.ID – Indonesia tak hanya terkenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alamnya, tapi juga tradisi serta budaya yang sangat beragam. Salah satu produk budaya yang berhasil mencuri perhatian masyarakat dunia adalah kuliner khas Indonesia.

Bukan hanya sate dan nasi goreng saja yang terkenal sebagai makanan khas Indonesia. Si bulat bakso juga merupakan kuliner legendaris di Indonesia yang digemari mulai dari kalangan bawah hingga atas.

Di Indonesia sendiri ada berbagai macam jenis bakso. Seiring berjalannya waktu bakso kini telah mengalami inovasi sampai tercipta bakso-bakso unik yang cuma bisa kamu temui di Indonesia. Penasaran apa saja bakso unik tersebut? langsung dicek aja yuk!!

Bakso Klenger

Sesuai dengan namanya ‘klenger’ yang dalam bahasa Jawa berarti pingsan. Bukan berarti pingsan, tetapi tak sanggup makan lagi karena porsinya yang super besar.

Jika kamu tertarik dengan bakso ini, kamu bisa mampir ke Bakso Klenger Ratu Sari yang berlokasi di Jl. Wahid Hasyim, Yogyakarta.

Bakso Kuah Bensin

Di Sidoarjo ada tempat kuliner menarik dan unik, kedai bakso bernama “Bakso Pertamax”. Berlokasi di Jalan Kutuk Barat, Sidokare, Sidoarjo, kedai bakso ini memiliki konsep unik mirip dengan tempat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Jika biasanya bakso dinikmati dengan kuah kaldu sapi yang gurih dan berwarna putih, tapi di warung Bakso Pertamax ini, kamu bisa menikmati bakso dengan kuah mirip dengan bensin. Meski memiliki warna kuah bakso yang berbeda, namun rasa bakso pertamax, pertalite dan premium ini lebih disukai oleh penikmat bakso warga Sidoarjo.

Bakso Comberan

Kalau biasanya nama warung bakso pakai nama-nama yang bagus. Tapi warung bakso yang satu ini memiliki nama yang unik dengan nama Bakso Comberan. Bukan hanya namanya saja yang unik tapi bakso yang disajikannya pun ikut unik yang mirip dengan sisa makanan yang ditumpuk dengan kuah yang seperti air Comberan.

Rahasia bakso ini terdapat pada kuah hitamnya yang bikin nagih katanya. Ternyata kuah yang hitam ini berasal dari kluwek makanya kuahnya bisa berwarna hitam. Ditambah dengan tetelan ayam yang membuat bakso ini tambah nikmat.

Bakso ini berlokasi di Jl. Walet, Beji, Depok, Jawa Barat.

Bakso Kuburan Mantan

Yang punya dendam kepada mantan cocok banget dengan bakso yang satu ini. Bakso kuburan mantan ini disajikan dengan bakso berbentuk datar lengkap dengan daging cincang dan daun bawang yang ditaburi di atasnya. Bahkan pada bakso ini terdapat tulisan R.I.P MANTAN.

Bakso Kuburan Mantan ini bisa kamu temui di Kelurahan Nyamplong, Kecamatan Warudoyo, Kota Sukabumi.

Originally posted 2021-12-27 06:28:53.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *