Tau Buah Cermai, Ini Maanfaatnya Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Cermai

NGAMPRAH, JURNALJABAR.CO.ID – Buah cermai atau yang memiliki nama latin Phyllanthus Acidos adalah buah yang tidak tumbuh di sebarang temapt. Bentuknya seperti bunga yang padat berwarna kuning terang kehijauan dan bagian dagingnya bagian kuning keputihan. Buah cermai memiliki daging yang berair dan memiliki rasa yang cukup pasam serta kecut.
Kebanyakan buah cermai lebih sering dijadikan manisan karena rasanya yang asam. Melihat dari kandungannya, buah cermai mengandung vitamin C yang terbilang tinngi, kalori, mineral, karbohidrat, serat kasar, kalsium, fosfor, zat besi, thiamin dan ribioflavin di bahian daginmya.Meski memiliki rasa yang asam namun tentu saja buah ini memiliki manfaat yang menguntugkan bagi kesehatan, berikut manfaatnya.

Mengatasi Asma

Ada kabar baik bagi yang mempunyai penyakit asma, sebab buah cermai ternyata dpat mengobati penyakit asma, caranya dengan merebuh potongan biji buah cermai dengan beberapa gelas air, tak lupa tambahkan bawang merah, akar kara, llengkeng dan sedikit gula sesuai dengan selera. Minumlah sampai nafas terasa kembali pulih.

Mengobati sembelit

Buah cermai juga bias mengobati sembelit, dengan mengandung banyak vitamin C, buah cermai dapat dimanfaatkan untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit. Buah ini cocok dikonsumsi untuk membersihkan usus.

Meringankan kangker

Buah cermai juga memiliki manfaat khususnya bagi penderita kangker. Pengobatan penyakit kangker memang sangat memakan biaya yang tidak sedikit, namun cobalah konsumsi buah cermai. Untuk mendapatkan hasil yang cukup baik, rebus lah buah cermai dengan campuran daun belimbing, bidara upas, gadunng cing beserta gula sedikit kemudian diminum.

Menyehatkan Kulit

Vitamin C yang terkandung pada buah cermai memberi manfaat, membuat kulit menjadi cerah bersih dan lembut. Vitamin C berperan penting untuk urusan kesehatan kullit, maka dari itu cobalah konsumsi buah cermai dalam bentuk apapun karena dengan vitaminya yang tinggi bias memberi manfaat bagi yang memeiliki masalah jerawat dan kulit kusam.

Sebagai Pelangsing

Buah cermai menjadi buah tyang dapat membantu melangsingkan tubuh. Seperti yang diketahui bahwa makanan asam dapat membuat perut menjadi singset. Termasuk buah cermai yang memiliki rasa asam yang dapat membuat perut menjadi lebih singset bila dikonsumsi rutin.ini karena didukung pencernaan yang teratur dan nafsu makan sedikri berkurang karena rasanya asam di lidah.

Menambah Kekebalan Tubuh

Buah cermai mengandung nutrisi yang dapat menambah kekebalan tubuh, nutrisinya yang cukup sebagai penambah nutrisi rutin. Hal ini juga dikarenakan adanya Flavanoid yang menjadikan antioksidan, tetapi disarankan dalam mengkonsumsinya jangan terlalu berlebihan.

Menyehatkan Tulang

Buah cermai dapat meyehatkan tulang, kandungan kalsium dan zat besi pada buah cermai dapat membantu menyehatkan tulang agae terus kuat dan tidak keropos.

Baik Untuk Pertumbuhan

Buah menjadi buah yang baik untuk dikonsumsi, buah ini menjadi buah yang baik untuk dikonsumsi karena dinilai dapat membantu pertumbuhan karena kandungan nutrisnya yang banyak.
Namun ada ynag peril diketahui, dalam mengobati asma dan kangker, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kapada dokter. Buah cermai memang memiliki banyak nuutrisi tetapi disarankan jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah ini apalagi memakan buah cermai hasil olahan.

Originally posted 2022-10-17 22:38:36.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *