Laptop 1 Jutaan 2023, Canggih Tak Harus Mahal

laptop 1 jutaan

Jurnaljabar.co.idLaptop 1 jutaan bisa menjadi opsi yang menarik saat kita membutuhkan laptop harga terjangkau namun tetap handal untuk bekerja. Laptop menjadi salah satu perangkat yang menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang. Dalam rentang harga tertentu, terdapat beberapa pilihan laptop yang dapat memenuhi kebutuhan dengan fitur-fitur yang berbeda. Dalam konteks ini, Chromebook menjadi salah satu opsi yang menarik dengan harga yang terjangkau. Dalam tulisan ini, kami akan membahas dua laptop Chromebook dengan harga sekitar Rp1 jutaan.

laptop 1 jutaan

Rekomendasi Laptop 1 Jutaan 2023, Canggih Tak Harus Mahal

Pilihan laptop baru dengan harga sekitar Rp1 jutaan adalah Chromebook. Chromebook merupakan perangkat laptop yang dilengkapi dengan sistem operasi Chrome OS, yang dikembangkan oleh Google. Dalam sistem operasi ini, terdapat browser Chrome yang dapat dioptimalkan untuk berbagai keperluan. Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Chrome OS adalah dukungan untuk menginstal aplikasi Android.

Oleh karena itu, sebelum membeli laptop ini, disarankan untuk memastikan bahwa Anda tidak bergantung pada aplikasi yang hanya tersedia di Windows. Untuk aplikasi lainnya, sebenarnya terdapat alternatif yang dapat digunakan karena Chromebook sudah mendukung aplikasi Android. Keberadaan Google PlayStore menjadi pilihan menarik karena banyak aplikasi Android yang dapat dijalankan di Chromebook.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi laptop Chromebook baru dengan harga sekitar Rp1 jutaan:

1. Samsung Chromebook 4

Mencari laptop murah dengan desain yang menarik merupakan hal yang sulit. Namun, Samsung Chromebook 4 hadir sebagai solusi yang mewujudkan impian tersebut. Dengan harga sekitar Rp1,8 jutaan, Samsung Chromebook 4 menawarkan desain laptop premium yang jarang ditemukan pada laptop dengan harga 4 sampai 6 jutaan.

Dengan sistem operasi Chrome OS, Samsung Chromebook 4 dapat dioptimalkan untuk kebutuhan belajar maupun kerja. Namun, penggunaan ini perlu dibatasi untuk kelompok tertentu. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa Samsung Chromebook 4 menjalankan Chrome OS yang lebih optimal digunakan oleh mereka yang dapat bekerja dengan layanan atau aplikasi yang dapat diakses melalui browser.

Meskipun begitu, kehadiran Google PlayStore sebagai alternatif aplikasi menjadi keunggulan tersendiri.

Saya sendiri telah menggunakan Samsung Chromebook 4 selama beberapa bulan. Menurut saya, laptop ini memiliki ukuran kecil namun tetap memiliki performa yang tangguh, bahkan ketika membuka lebih dari belasan tab browser secara bersamaan.

Saya juga merasa percaya diri saat membawa Samsung Chromebook 4 karena desainnya yang elegan. Terlebih lagi, Samsung Chromebook 4 memiliki kualitas konstruksi yang baik berkat dukungan MILD-STD-810. Keyboard pada Samsung Chromebook 4 juga nyaman digunakan. Dan yang saya sukai, baterai Samsung Chromebook 4 memiliki daya tahan yang baik.

Namun, satu hal yang disayangkan adalah minimnya jumlah port pada perangkat ini. Samsung Chromebook 4 hanya memiliki 1 port USB A 3.0 dan 1 port USB Type-C yang dapat digunakan untuk pengisian daya dan tampilan.

2. Laptop 1 Jutaan: HP Chromebook 11

Salah satu pilihan laptop dengan harga sekitar Rp1 jutaan adalah HP Chromebook 11. Awalnya, HP Chromebook 11 dan Samsung Chromebook 4 dijual dengan harga sekitar Rp2 jutaan. Namun, pada tahun 2023, kedua perangkat ini mengalami penurunan harga menjadi hanya sekitar Rp1 jutaan khusus untuk versi baru. Harga jual keduanya berkisar sekitar Rp1,8 jutaan.

Kedua laptop ini memiliki kesamaan dalam spesifikasi. Semua hardware di dalamnya sama persis. Keduanya juga memiliki performa dan daya tahan baterai yang mirip. Jika ada perbedaan performa, perbedaannya hanya sedikit.

Baik HP Chromebook 11 maupun Samsung Chromebook 4, keduanya telah mendapatkan sertifikasi ketahanan terhadap benturan. Bahkan, HP Chromebook 11 memiliki klaim dari HP bahwa laptop ini tahan saat jatuh dari ketinggian 122 cm. Selain itu, keyboard HP Chromebook 11 dirancang agar tetap kuat meskipun terkena tumpahan air minum (spill resistant).

HP Chromebook 11 merupakan alternatif bagi mereka yang membutuhkan laptop murah dengan konsep Chromebook yang memiliki banyak port. HP Chromebook 11 memiliki 2 port USB A 3.0 dan 2 port USB Type-C. Hal ini bisa menjadi kelebihan tersendiri, meskipun tentu saja ada kompromi dalam hal desain.

Akhir Kata

Dalam memilih laptop, terdapat banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti spesifikasi, fitur, harga, dan desain. Dalam konteks laptop Chromebook dengan harga sekitar Rp1 jutaan, Samsung Chromebook 4 dan HP Chromebook 11 menjadi pilihan yang menarik.

Originally posted 2023-06-21 14:22:25.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *