Cara Edit Foto di Lightroom dan Cara Import File Preset

jurnaljabar.co.id – Editing foto merupakan hal yang sangat penting bagi beberapa orang. Khusunya yang memperhatikan dari segi warna dan pencahayaan. Dengan mengedit foto memberikan kontras pada gambar lebih bernyawa dan enak untuk di lihat.

Edit foto di perlukan aplikasi pendukung untuk melakukan perubahan terhadap warna dan tekstur foto. Salah satu aplikasi edit foto yang populer adalah Lightroom yang banyak di gunakan oleh para fotografer. Serta para editor foto lainya karena memiliki settingan yang banyak dan mudah di gunakan.

Dengan Lightroom tampilan foto yang awalnya biasa saja dapat di ubah menjadi lebih bagus. Dengan bantuan preset yang dapat di terapkan di berbagai foto yang memiliki pencahayaan sama. Selain itu pengguna dapat mengsetting foto dengan gaya dan warna sesuai dengan keinginan mereka.

Berikut cara Edit Foto di Lightroom dan Cara Import File Preset :

7 Alasan Adobe Lightroom Itu Aplikasi Edit Foto Terbaik!

Adobe Lightroom

Adobe Lightroom adalah sebuah perangkat lunak (software) untuk mengedit dan mengelola foto digital yang dikembangkan oleh Adobe Inc. Lightroom memungkinkan pengguna untuk mengedit, menyimpan, dan mengorganisasi foto dalam satu platform.

Lightroom menawarkan fitur-fitur seperti pengecekan tanda air (watermarking), pengaturan eksport foto, dan kemampuan untuk menambahkan metadata ke foto. Dalam hal organisasi, Lightroom memungkinkan pengguna untuk membuat album, menandai foto dengan label, menambahkan kata kunci (tags), dan mengatur foto berdasarkan tanggal, lokasi, dan lain-lain.

Download Adobe Lightroom Terbaru

Untuk mendownload Adobe Lightroom terbaru, Anda dapat mengunjungi situs web resmi Adobe atau toko aplikasi seperti Microsoft Store, Apple App Store, atau Google Play Store, tergantung pada perangkat Anda.

Google Play Store : Download 

Apss Store : Download 

Dekstop : Download 

Cara Menggunakan Lightroom untuk Edit Foto

Berikut adalah langkah-langkah cara menggunakan Adobe Lightroom untuk mengedit foto:

  1. Buka aplikasi Lightroom dan import foto yang ingin Anda edit. Caranya, klik “File” dan pilih “Import Photos and Video”, lalu cari dan pilih foto yang ingin Anda edit. Setelah dipilih, klik tombol “Import”.
  2. Setelah foto berhasil diimpor, klik pada foto tersebut dan pilih tab “Develop”. Di sini Anda akan menemukan berbagai alat dan pengaturan untuk mengedit foto.
  3. Mulailah dengan menyesuaikan exposure atau pencahayaan foto. Anda bisa menggunakan “Exposure” pada bagian “Basic” untuk mengatur pencahayaan secara umum, atau menggunakan “Highlights” dan “Shadows” untuk mengatur pencahayaan di area tertentu pada foto.
  4. Selanjutnya, Anda bisa menyesuaikan tone atau nada foto menggunakan pengaturan seperti “Contrast”, “Clarity”, dan “Saturation”. Anda juga bisa menggunakan “Vibrance” untuk menyesuaikan warna-warna yang tidak terlalu jenuh.
  5. Jika ada area pada foto yang terlalu terang atau terlalu gelap, Anda bisa menggunakan alat “Brush” untuk menyesuaikan secara detail. Pilih alat “Brush” dan pilih pengaturan yang ingin diubah, seperti exposure atau clarity, lalu klik dan tarik pada area yang ingin diubah.
  6. Lightroom juga memiliki fitur “Crop” dan “Straighten” yang memungkinkan Anda memotong dan memperbaiki garis-garis yang miring pada foto.
  7. Setelah selesai melakukan edit, klik “Export” untuk menyimpan foto yang sudah diubah. Pilih format dan ukuran yang diinginkan, lalu klik “Export” lagi.

Cara Import File Preset DNG Preset Lightroom

Berikut adalah langkah-langkah cara mengimport file preset DNG pada aplikasi Lightroom:

  1. Pastikan bahwa file preset DNG sudah tersimpan pada perangkat Anda.
  2. Buka aplikasi Lightroom dan import foto yang ingin di-edit dengan menggunakan preset DNG. Caranya, klik “File” dan pilih “Import Photos and Video”, lalu cari dan pilih foto yang ingin Anda edit.
  3. Setelah foto berhasil diimpor, klik pada foto tersebut dan pilih tab “Develop”.
  4. Klik pada tombol “+” pada bagian “Presets” di sisi kiri layar. Pilih opsi “Import Presets”.
  5. Akan muncul jendela “Import Presets” dan pilih file preset DNG yang ingin di-import dari perangkat Anda. Setelah itu, klik tombol “Import”.
  6. File preset DNG berhasil di-import ke dalam aplikasi Lightroom. Anda bisa menerapkan preset DNG tersebut pada foto yang ingin di-edit dengan mengklik nama preset pada bagian “Presets” di sisi kiri layar.

Cara Import File Preset XMP Preset Lightroom

Berikut adalah langkah-langkah cara mengimport file preset XMP pada aplikasi Lightroom:

  1. Pastikan bahwa file preset XMP sudah tersimpan pada perangkat Anda.
  2. Buka aplikasi Lightroom dan pilih salah satu foto di katalog. Kemudian, pilih tab “Develop” di sisi kanan layar.
  3. Pada panel Presets di sisi kiri layar, klik tombol “+” dan pilih opsi “Import Presets”.
  4. Akan muncul jendela “Import Presets” dan pilih file preset XMP yang ingin di-import dari perangkat Anda. Setelah itu, klik tombol “Import”.
  5. File preset XMP berhasil di-import ke dalam aplikasi Lightroom. Anda bisa menerapkan preset XMP tersebut pada foto yang ingin di-edit dengan mengklik nama preset pada panel “Presets”.

Originally posted 2023-04-17 21:08:26.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *