Berikut Perbedaan Windows Home dan Pro yang Perlu di Ketahui

jurnaljabar.co.id – Windows Home dan Windows Pro adalah dua edisi dari sistem operasi Windows yang ditawarkan oleh Microsoft. Windows Home dirancang untuk pengguna rumahan dan individu, sedangkan Windows Pro ditujukan untuk pengguna bisnis dan profesional IT.

Kedua edisi ini memiliki perbedaan dalam fitur dan fungsinya. Namun, dalam hal antarmuka pengguna, performa dan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Windows, keduanya memiliki kesamaan. Pilihan antara Windows Home dan Windows Pro tergantung pada kebutuhan dan anggaran pengguna.

Perbedaan Windows Home dan Pro.

Hal-hal yang Membedakan Windows 10 Home dengan Pro - TeknosID

Jika pengguna hanya memerlukan sistem operasi dasar, Windows Home dapat menjadi pilihan yang lebih hemat biaya. Sedangkan untuk pengguna yang membutuhkan fitur tambahan dan tingkat keamanan yang lebih tinggi, Windows Pro dapat menjadi pilihan yang lebih baik.

Berikut adalah perbedaan antara Windows Home dan Pro secara rinci:

1. Fitur Keamanan

Windows Pro memiliki beberapa fitur keamanan yang tidak tersedia di Windows Home, seperti BitLocker, yang memungkinkan pengguna untuk mengenkripsi seluruh drive untuk melindungi data sensitif. Selain itu, Windows Pro juga memiliki fitur Group Policy Management, yang memungkinkan administrator untuk mengontrol dan memantau keamanan jaringan.

2. Remote Desktop

Windows Pro memiliki fitur Remote Desktop yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengontrol komputer jarak jauh. Fitur ini sangat bermanfaat bagi organisasi yang memiliki banyak karyawan yang bekerja di luar kantor.

3. Client Hyper-V

Windows Pro memiliki fitur Client Hyper-V, yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan mesin virtual pada komputer mereka. Fitur ini sangat bermanfaat bagi para pengembang dan profesional IT yang membutuhkan akses ke beberapa sistem operasi untuk tujuan pengujian.

4. Harga

Windows Pro biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal daripada Windows Home karena fitur tambahan yang disediakan.

5. Cortana

Cortana adalah asisten virtual yang disediakan oleh Windows untuk membantu pengguna dalam menjalankan tugas sehari-hari. Fitur ini hanya tersedia di Windows Home.

6. Koneksi ke Domain

Windows Pro memungkinkan pengguna untuk bergabung dengan jaringan domain, sedangkan Windows Home hanya memungkinkan koneksi ke jaringan kerja melalui grup rumah.

7. Volume Licensing

Windows Pro tersedia dalam versi volume licensing, yang memungkinkan organisasi untuk membeli lisensi dalam jumlah besar untuk digunakan pada banyak komputer. Ini membuat pengelolaan lisensi lebih mudah dan efisien.

8. Windows Update for Business

Windows Pro menyediakan fitur Windows Update for Business, yang memungkinkan administrator untuk mengatur dan mengelola pembaruan Windows pada jaringan komputer. Fitur ini sangat berguna bagi organisasi yang ingin memastikan bahwa komputer mereka selalu terbarui dengan pembaruan terbaru dan aman.

Berikut adalah tabel rinci perbandingan fitur antara Windows Home dan Pro:

Fitur Windows Home Windows Pro
BitLocker Tidak ada fitur BitLocker pada Windows Home. BitLocker adalah fitur enkripsi drive penuh yang berguna untuk menjaga keamanan data pada laptop atau PC. BitLocker tersedia pada Windows Pro.
Remote Desktop Remote Desktop tidak tersedia pada Windows Home. Remote Desktop adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengakses komputer dari jarak jauh. Remote Desktop tersedia pada Windows Pro.
Hyper-V Hyper-V tidak tersedia pada Windows Home. Hyper-V adalah fitur virtualisasi yang memungkinkan pengguna menjalankan mesin virtual pada Windows. Hyper-V tersedia pada Windows Pro.
Joining Domains Windows Home tidak mendukung untuk bergabung ke domain. Windows Pro mendukung untuk bergabung ke domain.
Group Policy Management Tidak ada Group Policy Management pada Windows Home. Group Policy Management adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengatur kebijakan grup dalam suatu jaringan. Group Policy Management tersedia pada Windows Pro.
Assigned Access Tidak ada Assigned Access pada Windows Home. Assigned Access memungkinkan pengguna membatasi akses ke aplikasi dan fitur tertentu. Assigned Access tersedia pada Windows Pro.
Enterprise Mode Internet Explorer Tidak ada fitur Enterprise Mode Internet Explorer pada Windows Home. Enterprise Mode Internet Explorer memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi web yang dirancang untuk versi Internet Explorer sebelumnya. Enterprise Mode Internet Explorer tersedia pada Windows Pro.
Client Hyper-V Tidak ada Client Hyper-V pada Windows Home. Client Hyper-V memungkinkan pengguna untuk menjalankan mesin virtual pada Windows. Client Hyper-V tersedia pada Windows Pro.
Windows Update for Business Tidak ada Windows Update for Business pada Windows Home. Windows Update for Business memungkinkan pengguna mengatur pembaruan Windows secara terpusat dalam suatu jaringan. Windows Update for Business tersedia pada Windows Pro.
Device Guard Tidak ada Device Guard pada Windows Home. Device Guard adalah fitur keamanan yang memungkinkan pengguna untuk membatasi aplikasi yang dapat dijalankan pada komputer. Device Guard tersedia pada Windows Pro.
Credential Guard Tidak ada Credential Guard pada Windows Home. Credential Guard adalah fitur keamanan yang memungkinkan pengguna untuk memisahkan kredensial pengguna dari kernel sistem. Credential Guard tersedia pada Windows Pro.
AppLocker Tidak ada AppLocker pada Windows Home. AppLocker memungkinkan pengguna untuk mengatur dan membatasi aplikasi yang dapat dijalankan pada komputer. AppLocker tersedia pada Windows Pro.
Direct Access Tidak ada Direct Access pada Windows Home. Direct Access adalah fitur yang memungkinkan pengguna terhubung ke jaringan korporat tanpa menggunakan VPN. Direct Access tersedia pada Windows Pro.

 

Tabel di atas memberikan perbandingan rinci antara Windows Home dan Pro. Namun, perlu diingat bahwa fitur yang tersedia pada masing-masing versi Windows dapat berbeda tergantung pada edisi atau versi yang digunakan.

Originally posted 2023-03-26 21:36:57.