Cara Mencegah Mulut Menjadi Kering saat Tertidur

JURNALJABAR.CO.ID, Bandung–Sejumlah hal bisa menjadi penyebab terjadinya mulut kering di malam hari terutama pada saat tidur. Kondisi dehidrasi, masalah kesehatan, hingga konsumsi minuman tertentu bisa jadi penyebab terjadinya masalah ini.

Terjadinya mulut dan tenggorokan yang kering ini merupakan sebuah hal yang biasa terjadi terutama di malam hari. Kondisi terjadinya mulut kering ini juga biasa dikenal sebagai xerostomia.

Mulut kering biasanya terjadi karena produksi air liur yang sedikit di dalam mulut. Kondisi ini sendiri biasanya juga dipicu oleh masalah kesehatan lain.

Sejumlah cara bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah ini. Dilansir dari Live Strong, berikut delapan cara yang bisa dilakukan untuk mencegah mulut kering saat tidur.

1. Minum Cukup Air

Konsumsi air dengan jumlah cukup sepanjang hari bisa menjadi cara menghindari dehidrasi dan munculnya masalah ini. Minum cukup air juga bisa mencegah sejumlah masalah kesehatan yang terjadi dan memastikan tubuh berfungsi secara baik.

2. Kunyah atau Isap Es Batu

Mengunyah atau mengisap es batu bisa menjadi cara berbeda memenuhi kebutuhan airmu. Gerakan mengunyah dan mengisap yang dilakukan ini juga bisa merangsang munculnya air liur.

3. Pasang Humidifier

Kondisi kamar yang terlalu kering bisa menjadi pemicu mulut menjadi kering saat tidur. Penggunaan humidifier yang membuat kamar menjadi lembap bisa menjadi cara untuk mencegah masalah ini.

4. Hindari Konsumsi Alkohol atau Minuman Berkafein

Seperti telah kita ketahui, alkohol dan minuman berkafein merupakan salah satu penyebab dari dehidrasi. Menghindari konsumsi minuman jenis ini bisa sangat membantu melindungi kita dari munculnya masalah ini.

5. Gunakan Pelembap untuk Mulut

Menggunakan produk pelembap mulut bisa menjadi cara untuk menghindari masalah mulut kering ini. Produk ini bisa berupa spray, gel, obat tetes, maupun tablet.

6. Menggunakan Stimulan Air Liur

Sejumlah obat yang bisa membantu membuat menjadi lembap salah satunya adalah stimulan air liur. Hanya saja, sebelum menggunakan obat seperti ini, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.

7. Jaga Kesehatan Mulut

Seseorang yang memiliki mulut kering cenderung rentan mengalami karang gigi dan sakit gigi. Oleh karena itu, menjaga kebersihan mulut merupakan hal yang harus sangat diperhatikan.

Menjaga kebersihan ini bisa dilakukan dengan melakukan flossing serta menggunakan obat kumur. Sejumlah obat kumur bahkan diproduksi untuk mereka yang memiliki masalah mulut kering.

8. Konsultasi dengan Dokter

Hal lain yang penting dilakukan ketika kamu terus mengalami masalah ini adalah berkonsultasi dengan dokter. Mencari penyebab utama dari masalah mulut kering ini dan mengatasinya merupakan langkah utama agar masalah ini tidak terus kamu alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *