BBWS Citanduy Lakukan Normalisasi dan Pengerukan Sedimentasi Sungai di Pangandaran

PANGANDARAN, JURNALMEDIA.ID – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy melakukan berbagai cara untuk mengantisipasi adanya banjir bandang di Kabupaten Pangandaran.

Salah satunya adalah dengan melakukan normalisasi di beberapa titik sungai yang berada di Desa Pamotan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Terpantau di lapang, petugas BBWS sedang melakukan pengerukan sungai di Desa Pamotan.

Pengerukan ini tepatnya di sungai Ciawitali, Cikonde, Cimeneng, Cibeureum ujung Kaga Karang Anyar Jateng Muara Citanduy hingga ke Blok Palawangan Barat Majingklak, Desa Pamotan.

Seorang warga di Desa Pamotan, Herli mengaku senang dengan penanganan sungai dari BBWS Kabupaten Pangandaran.

“Dengan dilakukannya perbaikan sungai atau pengerukan sedimentasi dan normalisasi sungai di harapkan tidak ada lagi banjir yang melanda di Desa kami,” kata Herli, Jumat 30 September 2022.

Menurut Herli, bahwa pada saat banjir yang lalu yang terjadi di Desa Pamotan akibat dari sungai Bundis yang tidak mampu lagi menampung debit air yang mengakibat air pun meluber ke mana-mana bahkan sampai merendam rumah warga.

“Iya, ada rumah terendam banjir mencapai 1 meter. Akibat peristiwa itu sebanyak 600 warga terdampak banjir dan mengungsi sementara waktu ke tempat yang lebih tinggi dan aman,” papar Herli.

Jika ada kiriman dari hulu sungai, banjir akan lebih parah dari sebelumnya namun dirinya dari warga Desa Pamotan sangat merespon kepada pihak BBWS yang saat ini melakukan normalisasi dan pengerukan sedimentasi.

“Saya berharap tidak ada banjir lagi di daerah kami,” pungkasnya. (Fitri)