Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 4

Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 4


Source www.youtube.com

Halo Sobat jurnaljabar.co.id! Apakah kamu sering bekerja dengan banyak aplikasi atau tab saat menggunakan laptop? Jika iya, tentu kamu pernah merasa kesulitan mengatur tampilan dan membagi layar laptop menjadi beberapa bagian. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas cara membagi layar laptop menjadi 4, sehingga kamu dapat dengan mudah menjalankan banyak tugas secara bersamaan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!


1. Menggunakan Fitur Bawaan Windows

Fitur bawaan Windows memungkinkan pengguna untuk membagi layar laptop menjadi beberapa bagian dengan mudah. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan kombinasi tombol pada keyboard. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama adalah membuka aplikasi atau program yang ingin kamu tampilkan di bagian atas sebelah kiri layar.
  2. Setelah itu, klik dan tahan tombol Windows kemudian tekan tombol panah atas dan tombol panah kiri secara bersamaan.
  3. Setelah itu, aplikasi tersebut akan tertata dengan rapi di bagian kiri atas layar.
  4. Langkah berikutnya adalah membuka aplikasi atau program lainnya yang ingin kamu tampilkan di bagian atas sebelah kanan layar.
  5. Klik dan tahan tombol Windows kemudian tekan tombol panah atas dan tombol panah kanan secara bersamaan.
  6. Aplikasi tersebut akan tertata dengan rapi di bagian kanan atas layar.
  7. Untuk mengatur aplikasi atau program di bagian bawah layar, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang serupa.

Dengan menggunakan fitur bawaan Windows, kamu dapat dengan mudah membagi layar laptop menjadi 4 bagian yang bisa menampilkan berbagai aplikasi atau program sekaligus. Namun, jika kamu menggunakan sistem operasi selain Windows, kamu bisa mencoba cara lain yang akan kita bahas di bawah ini.


2. Menggunakan Software Third-Party

Jika kamu tidak puas dengan fitur bawaan Windows, kamu juga bisa menggunakan software pihak ketiga yang dirancang khusus untuk membagi layar laptop menjadi 4. Beberapa software populer yang dapat membantu kamu dalam membagi layar laptop adalah sebagai berikut:

  1. Divvy: Software ini memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. Divvy memungkinkan pengguna untuk membagi layar laptop menjadi beberapa bagian dengan sekali klik.
  2. WindowGrid: Software ini dapat membantu kamu membuat jendela aplikasi atau program tertentu menjadi ukuran yang sama. Dengan WindowGrid, kamu juga dapat mengatur tata letak jendela dengan mudah.
  3. DisplayFusion: Software ini memiliki fitur yang lebih lengkap dan canggih. DisplayFusion memungkinkan pengguna untuk mengatur tampilan layar laptop dengan berbagai konfigurasi yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Software-software tersebut dapat membantu kamu mengatur tampilan layar laptop dengan lebih fleksibel. Namun, sebelum menggunakan software pihak ketiga, pastikan kamu mendownloadnya dari sumber yang terpercaya dan melakukan instalasi dengan hati-hati.


3. Kelebihan dan Kekurangan Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 4

Kelebihan Kekurangan
Meningkatkan produktivitas saat bekerja dengan banyak aplikasi atau tab sekaligus. Tidak semua laptop atau sistem operasi mendukung fitur ini secara bawaan.
Menghemat waktu dalam mengatur tampilan aplikasi atau program. Mungkin membutuhkan penyesuaian agar jendela aplikasi atau program tertentu sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
Memudahkan pengguna untuk melihat beberapa informasi atau konten sekaligus tanpa perlu bolak-balik antar jendela. Menggunakan lebih banyak sumber daya komputer, terutama jika aplikasi atau program yang dijalankan cukup berat.
Meningkatkan efisiensi dan ketepatan saat bekerja dengan beberapa tugas sekaligus. Memerlukan tingkat konsentrasi yang lebih tinggi untuk memanfaatkan fitur ini secara maksimal.

Dari tabel di atas, kita dapat melihat beberapa kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan cara membagi layar laptop menjadi 4. Penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi saat memutuskan apakah fitur ini tepat untuk kamu.


4. FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang harus saya lakukan jika laptop saya tidak memiliki fitur bawaan untuk membagi layar menjadi 4?

Jika laptop kamu tidak memiliki fitur bawaan untuk membagi layar menjadi 4, kamu bisa mencoba menggunakan software pihak ketiga seperti yang telah dijelaskan di atas.

2. Bagaimana cara mengubah konfigurasi tampilan setelah membagi layar menjadi 4?

Setelah membagi layar menjadi 4, kamu bisa menjalankan aplikasi atau program secara berurutan di setiap bagian layar yang diinginkan. Kamu juga bisa memperbesar atau memperkecil ukuran tampilan dengan menggeser batas antara jendela aplikasi atau program.

3. Apakah fitur ini bisa digunakan pada semua sistem operasi?

Fitur bawaan Windows untuk membagi layar menjadi 4 hanya berlaku untuk laptop atau komputer yang menggunakan sistem operasi Windows. Namun, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu juga bisa menggunakan software pihak ketiga jika menggunakan sistem operasi lain.

4. Apakah fitur ini mempengaruhi kinerja laptop?

Menggunakan fitur untuk membagi layar menjadi 4 dapat mempengaruhi kinerja laptop terutama jika aplikasi atau program yang dijalankan cukup berat. Pastikan kamu memiliki laptop dengan spesifikasi yang memadai untuk menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan.

5. Bisakah saya menambahkan lebih dari 4 bagian layar saat melakukan pembagian?

Tidak semua fitur bawaan atau software pihak ketiga mendukung pembagian layar menjadi lebih dari 4 bagian. Namun, kamu bisa mencari software dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

6. Apakah saya perlu menginstal software tambahan untuk menggunakan fitur membagi layar ini?

Untuk fitur bawaan Windows, kamu tidak perlu menginstal software tambahan karena fitur tersebut sudah terdapat di dalam sistem operasi. Namun, jika ingin menggunakan software pihak ketiga, kamu harus mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu.

7. Dapatkah saya menggunakan cara membagi layar menjadi 4 pada laptop dengan ukuran layar kecil?

Tentu saja! Fitur membagi layar menjadi 4 dapat digunakan pada laptop dengan berbagai ukuran layar. Namun, pada layar yang lebih kecil, kamu perlu memperhatikan agar tampilan tidak terlalu padat dan sulit untuk dibaca.


5. Kesimpulan

Setelah membaca penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa cara membagi layar laptop menjadi 4 adalah solusi yang efektif untuk meningkatkan produktivitas dan fleksibilitas saat bekerja dengan banyak aplikasi atau tab sekaligus. Dengan membagi layar menjadi beberapa bagian, kamu dapat dengan mudah mengatur tampilan aplikasi atau program, melihat beberapa informasi sekaligus, serta meningkatkan efisiensi dan ketepatan dalam menyelesaikan tugas.

Namun, sebelum menggunakan fitur ini, pastikan laptop kamu mendukung fitur bawaan atau instal software pihak ketiga yang sesuai. Selain itu, perhatikan juga kelebihan dan kekurangan dari cara membagi layar menjadi 4 agar kamu dapat memutuskan apakah fitur ini tepat untuk kamu.

Terakhir, jangan lupa untuk mencoba cara membagi layar laptop menjadi 4 sesuai petunjuk yang telah dijelaskan di atas. Semoga dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat meningkatkan produktivitas dan kenyamanan saat bekerja dengan laptop. Selamat mencoba!


6. Referensi

Untuk lebih memahami tentang cara membagi layar laptop menjadi 4, kamu bisa membaca artikel terkait di jurnaljabar.co.id.

Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 4 – jurnaljabar.co.id

Berikut adalah link referensi terkait:

jurnaljabar.co.id


7. Disclaimer

Artikel ini disusun berdasarkan pengetahuan dan pengalaman penulis. Meskipun telah dilakukan penelitian yang cermat, penulis tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan atau kerugian yang mungkin timbul akibat penggunaan informasi yang terdapat dalam artikel ini. Pengguna bertanggung jawab penuh atas risiko yang mungkin terjadi.

Originally posted 2023-07-24 01:04:47.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *