Panduan Merawat Mobil Sendiri Agar Tetap Dalam Kondisi Yang Baik

JURNALJABAR.CO.ID - Melakukan perawatan mobil secara teratur dengan baik dan benar merupakan cara paling mudah untuk menjaga mobil Anda agar tetap dalam kondisi yang baik.

JURNALJABAR.CO.ID – Melakukan perawatan mobil secara teratur dengan baik dan benar merupakan cara paling mudah untuk menjaga mobil Anda agar tetap dalam kondisi yang baik.

Hal ini juga dapat membantu memastikan keselamatan Anda saat berkendara. Melakukan perawatan mobil ternyata tidak harus membawa ke bengkel dan harus mengeluarkan uang yang cukup banyak.

Ada beberapa tips dan panduan sederhana untuk membantu menjaga mobil Anda tetap dalam keadaan baik dan tentunya bisa dilakukan sendiri dirumah.

Ganti Oli Secara Rutin

Periksa dan ganti oli mobil secara rutin agar menjaga kondisi mesin tetap berjalan dengan baik. Gantilah oli setiap 5.000 mil atau sekitar 8.000 kilometer sekali atau Anda bisa ikuti apa yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil Anda.

Anda dapat mengganti oli sendiri dirumah. Jika Anda memilih untuk melakukannya sendiri, pelajari langkah-langkah yang diperlukan untuk mengganti oli. Anda juga harus mengetahui jenis oli apa yang terbaik untuk mobil Anda.

Ganti Posisi Ban

Tahukah Anda bahwa Anda dapat dengan mudah memperpanjang umur ban hanya dengan mengganti posisinya? Biasanya ban pada mobil Anda tidak mengalami keausan sama rata.

Terkadang ban depan atau belakang bisa aus pada tingkat yang berbeda tergantung pada mobil Anda dan kecepatan Anda. Putar posisi ban agar dapat memperpanjang umurnya.

Periksa dan Ganti Busi Yang Sudah Tidak Berfungsi

Busi memiliki pengaruh besar terhadap mesin mobil Anda. Komponen ini bertanggung jawab untuk menyalakan campuran gas dan udara yang pada akhirnya menggerakkan kendaraan Anda.

Sehingga, ketika busi tidak berfungsi dengan baik, menyebabkan mesin kehilangan tenaga dan tidak berfungsi dengan semestinya.

Perhatikan Cairan Mobil

Ada beberapa cairan yang harus Anda perhatikan untuk membantu menjaga mobil Anda tetap berjalan dengan baik. Anda bisa perhatikan cairan pendingin, cairan transmisi, minyak rem dan cairan power steering.

Originally posted 2022-01-05 12:06:56.