Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone, Dijamin Aman!

cara menyembunyikan aplikasi di iphone

Jurnaljabar.co.idCara menyembunyikan aplikasi di iPhone berguna untuk mengamankan privasi dari orang lain supaya data rahasia tetap terlindungi. Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone. Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa langkah yang relatif sederhana namun efektif dalam menyembunyikan aplikasi di iPhone.

cara menyembunyikan aplikasi di iphone

Tutorial Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone dengan Aman

Bagi Anda yang merasa tidak nyaman ketika seseorang meminjam iPhone Anda, karena khawatir aplikasi-aplikasi yang bersifat pribadi dapat diakses oleh mereka, jangan khawatir! Kami memiliki solusinya berupa cara-cara yang praktis untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone.

Salah satu metode yang cukup mudah adalah dengan meminta orang tersebut mengembalikan iPhone Anda yang dipinjam. Namun, di beberapa situasi, kita mungkin merasa agak tidak nyaman untuk meminta hal tersebut kepada orang lain, terutama jika mereka merupakan teman dekat.

1. Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone

Salah satu cara paling sederhana dan tanpa menggunakan aplikasi tambahan untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone adalah dengan menggunakan fitur “Remove App”. Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah memindahkan aplikasi dari layar utama ke App Library.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone menggunakan Remove App:

  1. Tekan dan tahan aplikasi yang ingin Anda sembunyikan hingga muncul menu pop-up.
  2. Pada menu pop-up, akan ada beberapa opsi yang muncul. Pilih opsi “Remove App” yang ditandai dengan warna merah.
  3. Selanjutnya, Anda akan diberikan pilihan apakah ingin menghapus aplikasi sepenuhnya dari perangkat atau hanya menyembunyikannya dari layar utama.
  4. Pilih opsi “Remove from Home Screen” untuk menyembunyikan aplikasi tersebut di App Library.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, aplikasi yang Anda pilih akan dihapus dari layar utama dan akan tersedia di App Library untuk diakses secara tersembunyi.

2. Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone dalam Jumlah Banyak

Langkah selanjutnya untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone adalah dengan menyembunyikan banyak aplikasi sekaligus dalam satu percobaan. Caranya adalah dengan menghilangkan seluruh halaman atau grup aplikasi.

Berikut ini adalah panduan lengkap untuk menyembunyikan banyak aplikasi di iOS:

  • Tekan dan tahan area kosong pada layar hingga aplikasi-aplikasi mulai bergetar dan muncul opsi untuk mengedit layar.
  • Ketuk logo berbentuk titik-titik di bagian bawah layar.
  • Anda akan melihat tampilan kecil dari semua halaman layar yang ada. Di bagian bawah setiap halaman tersebut, terdapat tanda centang.
  • Hapus tanda centang pada halaman atau grup aplikasi yang ingin Anda sembunyikan, dan ketuk tombol “Done” di sudut kanan atas.
  • Aplikasi-aplikasi yang berada di halaman yang tanda centangnya dihapus tidak akan lagi muncul pada layar utama.
  • Jika Anda ingin mengembalikan aplikasi-aplikasi tersebut, ikuti langkah yang sama dan berikan tanda centang pada halaman yang ingin Anda kembalikan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menyembunyikan banyak aplikasi dalam satu percobaan dengan menghilangkan halaman atau grup aplikasi secara keseluruhan.

3. Menggunaka Fitur Restrictions

Berikut ini adalah cara lain untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone menggunakan fitur Restrictions. Metode ini dianggap aman, dan berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka Pengaturan (Settings) di iPhone Anda, lalu pilih menu Umum (General).
  • Gulir ke bawah dan cari opsi Restrictions. Ketuk untuk membukanya.
  •  Jika Restrictions belum diaktifkan, ketuk Enable Restrictions dan buat sebuah Restrictions Passcode. Pastikan Anda mengingat passcode ini, karena akan digunakan untuk mengakses dan mengatur pembatasan di masa mendatang. Konfirmasikan passcode dengan memasukkannya kembali.
  • Setelah mengaktifkan Restrictions, Anda dapat menyembunyikan aplikasi bawaan iOS dengan mengubah toggle (perintang) di samping nama aplikasi tersebut. Namun, jika Anda ingin menyembunyikan aplikasi-aplikasi lain, gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian Konten yang Diperbolehkan (Allowed Content).
  • Masuk ke opsi Apps, di mana Anda dapat menyembunyikan aplikasi-aplikasi yang ingin disembunyikan dari orang lain.
  • Sebagai alternatif, jika Anda ingin menyembunyikan beberapa aplikasi dari anak-anak, Anda juga dapat menyembunyikan aplikasi berdasarkan usia mereka.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menggunakan fitur Restrictions untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone dengan aman, baik itu aplikasi bawaan maupun aplikasi pihak ketiga.

Akhir Kata

Demikianlah informasi tentang cara menyembunyikan aplikasi di iPhone, semoga bisa dijadikan panduan dalam melakukan penguncian Aplikasi iPhone Anda. Sekian

Originally posted 2023-06-26 14:19:52.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *