Aplikasi Remote TV yang Patut Diinstall

aplikasi remote tv

Jurnaljabar.co.idAplikasi remote tv bisa menjadi alternatif yang patut dicoba apabila remote tv kita mengalami gangguan ataupun kerusakan. Kemampuan fungsional smartphone Android dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan. Tidak hanya terbatas pada fungsi komunikasi, kini smartphone juga mampu digunakan untuk tujuan-tujuan lain yang sebelumnya sulit terbayangkan. Salah satunya adalah sebagai pengendali jarak jauh untuk televisi, yang dapat dilakukan melalui smartphone.

aplikasi remote tv

Rekomendasi Aplikasi Remote TV yang Patut Diinstall

Pada awalnya, para pengembang menghadirkan fitur kontrol jarak jauh untuk televisi melalui koneksi jaringan WiFi pada smartphone Android. Namun, sekarang para pengembang telah melengkapi perangkat Android dengan teknologi IR Blaster, sehingga memungkinkan smartphone berfungsi seperti pengendali jarak jauh konvensional.

Untuk dapat memanfaatkan IR Blaster tersebut, tentu diperlukan pemasangan aplikasi pengendali televisi yang kompatibel pada perangkat Android Anda. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini, Jurnaljabar akan memberikan ulasan mengenai daftar aplikasi pengendali televisi terbaik untuk platform Android.

1. Aplikasi Remote TV: Google Home

Pada posisi teratas, Google Home merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Google Inc. Aplikasi ini termasuk dalam kategori aplikasi resmi yang menawarkan fitur remote TV. Namun, untuk mengontrol saluran televisi, aplikasi ini tidak menggunakan IR Blaster, melainkan memanfaatkan perangkat khusus yang dikenal dengan sebutan Chromecast.

Dengan Google Home, Anda dapat melakukan streaming konten dari platform seperti Hulu, YouTube, dan Netflix langsung ke televisi Anda. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan Anda mengatur volume suara serta melakukan pemutaran dan jeda pada program televisi.

Yang menarik, Google Home tidak hanya kompatibel dengan perangkat Android, tetapi juga dapat digunakan pada perangkat iPhone dan iPad. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan pencarian film, aktor, dan acara TV yang sesuai dengan preferensi Anda. Sebagai aplikasi resmi, Google Home telah diunduh lebih dari 50 juta kali.

2. Aplikasi Remote TV: Control For All TV dari Hitchhike Tech

Remote Control For All TV, yang dikembangkan oleh Hitchhike Tech, hadir untuk membantu menggantikan remote TV yang rusak atau hilang. Aplikasi ini memberikan opsi bahasa saat pertama kali digunakan, dengan pilihan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Setelah memilih bahasa, pengguna diminta untuk menekan tombol “Tambahkan Remote”. Selanjutnya, pengguna dapat memilih jenis TV yang digunakan, apakah IR TV atau Smart TV. Aplikasi ini mendukung berbagai merk TV yang banyak, termasuk Samsung, LG, Philips, Polytron, dan Sony. Setelah memilih merk TV, aplikasi akan melakukan pemindaian pada TV Anda. Pastikan ponsel terhubung ke WiFi dan TV dalam keadaan menyala. Setelah terhubung, pengguna dapat menggunakan remote TV virtual.

Fitur remote pada aplikasi ini tidak terlalu berbeda dengan aplikasi sejenis lainnya. Namun, kami mengapresiasi antarmuka pengguna yang sederhana dan tidak membingungkan. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa aplikasi ini masih memiliki banyak iklan. Apakah Anda ingin mencobanya?

3. Aplikasi Remote TV: Universal TV Remote – Twinone

Twinone adalah pengembang yang menghasilkan aplikasi remote TV Android dengan antarmuka yang sederhana. Seperti halnya aplikasi sejenis lainnya, Universal TV Remote dapat diunduh pada berbagai perangkat Android. Namun, aplikasi ini juga menghadapi masalah yang serupa dengan beberapa aplikasi remote lainnya, yaitu kesulitan dalam mengatur volume televisi.

Akhir Kata

Dalam beberapa tahun terakhir, fungsionalitas smartphone Android terus berkembang dengan pesat. Smartphone tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi, tetapi juga telah menjadi alat yang multifungsi dan dapat digunakan untuk mengendalikan perangkat lain, termasuk televisi. Pastikan untuk memilih aplikasi yang kompatibel dengan televisi kita. Sekian, selamat mencoba!

Originally posted 2023-06-22 14:37:08.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *