Cara Daftar Kartu Prakerja Online Terbaru, Mudah & Banyak Manfaatnya

JURNALJABAR.CO.ID, Bandung–Kartu Prakerja menjadi salah satu instrumen pemerintah guna memberikan bantuan berupa material kepada generasi muda usia produktif.

Seperti yang diketahui, Kartu Prakerja kini telah menembus hingga 47 gelombang.

Selama itu, banyak di antara generasi muda yang berhasil mendapatkan bantuan hingga sukses membuka usaha secara mandiri. Beberapa waktu lalu, pemerintah melalui laman Instagram resminya @prakerja.go.id, telah memberi pengumuman langsung mengenai sejumlah nama yang berhasil mencapai tahap akhir.

“Selamat untuk penerima Gelombang 47! Yuk langsung cek SMS, e-mail, dan dashboard akun Kartu Prakerja kamu sekarang! Buat kamu yang lolos, segera beli pelatihan pertama ya karena batas waktu pembelian pelatihan di tahun ini untuk semua gelombang adalah 30 November 2022,” demikian pada keterangan rilis akun prakerja.go.id.

“Oleh karena itu, gunakan kesempatan yang kamu dapatkan ini untuk langsung membeli pelatihan maksimal dan saldo pelatihanmu juga segera habis dengan optimal! #SiapDariSekarang”. demikian sambung prakerja.go.id.

Seperti gelombang-gelombang yang sebelumnya, untuk mendapatkan manfaat Kartu Prakerja terlebih dahulu masyarakat harus melaksanakan tahapan pendaftaran.

Lantas, bagaimana sebenarnya cara daftar Kartu Prakerja yang sesuai dengan pedoman tersebut?

Melansir dari laman resmi prakerja.go.id, berikut ulasan selengkapnya mengenai manfaat hingga cara daftar Kartu Prakerja yang dapat Anda pahami dengan baik.

Manfaat Penggunaan Kartu Prakerja

Sebelum mengetahui cara daftar Kartu Prakerja, penting bagi kita untuk memahami mengenai manfaatnya terlebih dahulu.

Melansir dari laman resmi prakerja.go.id, Program Kartu Prakerja adalah salah satu program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk para generasi muda dalam usia produktif.

Lebih jelasnya, Kartu Prakerja menyasar para generasi muda yang sedang mencari kerja, buruh atau pekerja yang terdampak pemutusan hubungan kerja, atau pekerja yang sedang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Secara umum, manfaat dari Kartu Prakerja sendiri adalah sebagai sarana bagi generasi muda untuk mengembangkan kompetensi, meningkatkan produktivitas, meningkatkan daya saing angkatan kerja, serta mengembangkan minat kewirausahaan di bidangnya masing-masing.

Sejak gelombang 1 dibuka pada 11 April 2020 lalu, tercatat sebanyak 11,4 juta pekerja yang berhasil menerima manfaat dari Kartu Prakerja tersebut. Angka tersebut diperoleh dari setiap gelombang yang dimulai pada tahun 2020 hingga 2021 silam.

Syarat Pembuatan Kartu Prakerja

Sebelum melakukan pendaftaran dengan mempraktikkan cara daftar Kartu Prakerja, maka hal selanjutnya yang perlu dipahami yakni mengenai syarat pembuatannya terlebih dahulu. Adapun beberapa syaratnya sesuai dengan regulasi yang berlaku yakni sebagai berikut.

  • WNI berusia 18 tahun ke atas.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja atau buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
  • Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja Online

Setelah mengetahui persyaratan, calon peserta Prakerja gelombang selanjutnya dapat mendaftarkan diri dan membuat akun dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Membuka situs https://dashboard.prakerja.go. id/daftar.
  2. Masukkan alamat email dan password dan klik Daftar.
  3. Buka email notifikasi yang dikirim dan lakukan verifikasi.
  4. Setelah berhasil daftar akun dan login, Anda akan diarahkan ke laman verifikasi KTP.
  5. Selanjutnya yaitu mengisi kolom NIK, nomor Kartu Keluarga, dan tanggal lahir kemudian klik Lanjut.
  6. Lengkapi data diri dan pastikan data yang dimasukkan sudah sesuai.
  7. Pastikan nama lengkap dan nama ibu kandung yang dimasukkan sudah sesuai.
  8. Lanjutkan tahapan verifikasi dengan memasukkan foto e-KTP yang dapat diakses melalui browser HP. Jangan lupa perhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi e-KTP berjalan lancar.
  9. Jika foto KTP Anda sudah sesuai ketentuan klik Kirim Foto e-KTP.
  10. Tunggu hingga sistem selesai memverifikasi foto e-KTP yang diunggah.
  11. Selanjutnya verifikasi foto wajah. Seperti verifikasi e-KTP, perhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi berjalan lancar.
  12. Ambil swafoto (selfie) dengan kamera HP kamu.
  13. Sesuaikan swafoto (selfie) yang Anda ambil dengan memperhatikan ketentuan.
  14. Kemudian akan muncul tampilan foto yang sudah disesuaikan lalu klik Gunakan Foto.
  15. Jika swafoto (selfie) sudah sesuai, klik Kirim Foto untuk langkah berikutnya.

Melakukan Tahapan Lanjutan

Setelah berhasil melakukan pendaftaran, maka langkah selanjutnya yakni menjalani serangkaian tes untuk sampai di tahapan akhir.

Sejumlah tes tersebut di antaranya yakni berupa Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar.

Sementara itu, Anda dapat memaksimalkan kemampuan pada saat melakukan tes yang akan dilangsungkan selama maksimal 25 menit.

Dalam tahap tersebut, Anda dapat menggunakan sejumlah alat bantu berupa kertas, pensil, atau pun pena untuk menyelesaikan serangkaian tes.