Rusia Luncurkan Rudal Balistik Antarbenua

JURNALJABAR.CO.ID, Bandung–Presiden Rusia Vladimir Putin memantau latihan nuklir Rusia yang melibatkan beberapa latihan peluncuran rudal balistik dan jelajah, dalam unjuk kekuatan nuklir strategisnya yang pertama sejak invasi ke Ukraina Latihan nuklir Rusia pada Rabu (26/10/2022) digelar di tengah serangkaian komentar eskalasi dari Moskwa dan Putin, yang mengindikasikan bahwa konflik delapan bulan di Ukraina dapat berubah menjadi nuklir.

“Di bawah kepemimpinan … Vladimir Putin, sebuah sesi pelatihan diadakan dengan pasukan pencegahan strategis darat, laut dan udara, di mana peluncuran praktis rudal balistik dan jelajah berlangsung,” kata Kremlin dalam sebuah pernyataan sebagaimana dilansir Al Jazeera.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu melaporkan kepada Putin (yang mengamati latihan dari ruang kontrol) bahwa latihan itu dimaksudkan untuk menyimulasikan “serangan nuklir besar-besaran” oleh Rusia sebagai pembalasan atas serangan nuklir di negara itu.

Manuver tersebut mengikuti peringatan Putin tentang kesiapannya untuk menggunakan “semua cara yang tersedia” untuk menangkis serangan di wilayah Rusia, dalam referensi yang jelas untuk penggunaan persenjataan nuklir negara itu. Media pemerintah Rusia mempublikasikan rekaman kru kapal selam yang mempersiapkan peluncuran rudal balistik Sineva dari Laut Barents di Kutub Utara.

Al Jazeera melaporkan, selama latihan Rusia pada Rabu (25/10/2022), sebuah rudal balistik antarbenua berbasis darat Yars diuji coba dari situs peluncuran Plesetsk utara. Latihan itu juga termasuk peluncuran rudal uji dari Semenanjung Kamchatka di Timur Jauh Rusia.

Sebagai bagian dari latihan, pembom strategis Tu-95 juga meluncurkan rudal jelajah ke sasaran latihan.

Kremlin mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa semua tugas yang ditetapkan untuk latihan telah terpenuhi dan semua rudal yang ditembakkan mencapai target yang ditentukan.

Manuver Rusia yang melibatkan komponen darat, laut dan udara dari triad nuklir telah dilakukan setiap tahun untuk melatih kekuatan nuklir negara itu dan menunjukkan kesiapan mereka. Latihan serupa sebelumnya diadakan hanya beberapa hari sebelum Putin mengirim pasukan ke Ukraina.

Latihan Rusia itu dilakukan saat NATO mengadakan latihan nuklir tahunannya sendiri di Eropa barat laut, yang akan berlangsung hingga 30 Oktober. Latihan NATO, yang dijuluki “Steadfast Noon”, melibatkan sekitar 60 pesawat, termasuk pembom jarak jauh B-52 Amerika Serikat dan jet tempur yang mampu membawa senjata nuklir, tetapi tidak melibatkan bom langsung.

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden mengatakan pada Selasa (25/10/2022) bahwa Rusia memberikan pemberitahuan bahwa mereka bermaksud untuk melakukan latihan rutin kemampuan nuklirnya.

Pentagon dan Departemen Luar Negeri AS mengatakan Rusia telah mematuhi persyaratan perjanjian kontrol senjata AS-Rusia terakhir, dengan memberi tahu Washington tentang tes yang akan dilakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *