Mitos dan Misteri Dibalik Keindahan Gunung Tangkuban Perahu

JURNALJABAR.CO.ID – Apa yang terlintas pertama ketika mendengar Gunung Tangkuban Perahu? Pasti keindahan alamnya kan? Iya, memang Tangkuban Perahu menawarkan keindahan panorama pegunungan yang berhawa sejuk dan menenangkan.

Tapi tahukah Anda bahwa gunung Tangkuban Perahu termasuk salah satu tempat angker di Bandung yang menyimpan banyak mitos dan misteri di dalamnya.

Tangkuban Perahu merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di Jawa Barat yang terletak di area Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Jika diperhatikan secara seksama Gunung itu terlihat laksana perahu raksasa yang terkungkung.

Misteri dan Mitos Gunung Tangkuban Perahu

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar mata air dari puncak gunung Tangkuban Perahu dan goa Cikahuripan dulunya adalah sarana pemandian bagi Dayang Sumbi.

Konon katanya Dayang Sumbi sering mandi dekat Goa semasa hidupnya, bahkan menurut warga setempat Dayang Sumbi masih tinggal di Gunung tersebut untuk meredakan aktivitas vulkanik Gunung agar tidak membahayakan penduduk.

Misteri Tangkuban Perahu ternyata tidak hanya meliputi wilayah gurunya saja. Gurun ini semakin angker karena dekat dengan tajakan maut yang kerap memakan korban jiwa yaitu Tanjakan Emen.

Tanjakan ini sudah ada puluhan kendaraan yang mengalami kecelakaan saat melintasi. Tanjakan Emen masyarakat percaya bahwa serangkaian kecelakaan yang terjadi adalah ulah sosok gaib yang dulunya adalah sopir angkot yang juga mengalami kecelakaan di tanjakan tersebut.

Selain itu ada juga air kahuripan yang dipercaya memiliki kekuatan mistis. Air kahuripan dipercaya mampu menyembuhkan beberapa penyakit, membuat wajah nampak awet muda, hingga menghilangkan rasa pegal.

Originally posted 2022-05-22 03:44:55.