Mengenal Hardisk: Pengertian, Fungsi dan Beragam Jenisnya

JURNALJABAR.CO.ID – Hardisk atau HDD merupakan salah satu jenis penyimpanan pada komputer/laptop. Sama seperti perpustakaan yang diperlukan untuk menangani buku-buku di perpustakaan, komputer juga membutuhkan tempat untuk menyimpan data digital.

Komputer menggunakan dua jenis perangkat penyimpanan untuk menyimpan dan memproses konten digital (Dokumen, Gambar, Video, Perangkat Lunak, Sistem Operasi, Program). Di mana Hard Disk adalah perangkat memori sekunder. Itu membuat data disimpan secara permanen.

Apa Itu Hardisk?

Seperti yang kita singgung diatas Hardisk adalah perangkat yang menyimpan semua perangkat lunak yang diinstal pada komputer, serta semua file data yang dibuat dan digunakan oleh perangkat lunak ini.

Ini termasuk semua dokumen yang telah Anda buat dan unduh, seperti foto dan musik. Hardisk adalah bentuk penyimpanan permanen, bukan memori sementara seperti RAM.

Baca Juga: Samsung Resmi Suntik Mati Merek Galaxy Note

Hal Ini berarti bahwa saat Anda mematikan komputer, file tetap tersimpan dengan aman di drive sehingga Anda dapat menggunakannya lagi saat berikutnya Anda menyalakan komputer.

Apa Saja Fungsi Hardisk?

Harddisk diperkenalkan pada tahun 1956 oleh IBM. Komputer pribadi pertama berisi hard drive kurang dari 1 megabyte, sedangkan komputer modern berisi hard drive 1 terabyte.

Pada dasarnya, hardisk adalah perangkat penyimpanan sekunder yang dirancang untuk menyimpan data secara permanen.

Selain sebagai peyimpanan sekunder, berikut beberapa fungsi hardisk lainnya:

• Menyimpan Data dari Operating System (OS)
• Sebagai Back-up Data
• Penyimpanan Data dari Software

Originally posted 2022-03-06 03:42:15.