RSI Aysha Diharapkan Berkolaborasi Beri Layanan Kesehatan Berkualitas

RSI Aysha Diharapkan Berkolaborasi Beri Layanan Kesehatan Berkualitas

BOGOR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menyambut baik dibukanya Rumah Sakit Islam (RSI) Aysha di tengah upaya untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan untuk masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan pada Grand Opening RSI Aysha, di Perumahan Acropolis, Karadenan, Cibinong, Jumat 01 Juli 2022.

Saat ini di Kabupaten Bogor terdapat 29 rumah sakit, 4 diantaranya RSUD plus 1 RSUD sedang dalam tahap final pembangunan yaitu RSUD Bogor Utara. Ditunjang dengan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya seperti Puskesmas sebanyak 107 unit, Pustu 121 unit, dan 202 poliklinik.

“Berdasarkan Permenkes Nomor 14 tahun 2021 terkait pemenuhan tempat tidur kelas standar, telah mengatur komposisinya 60% tempat tidur untuk rumah sakit milik pemerintah pusat/pemda dan 40% untuk rumah sakit swasta,” kata Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan.

Sementara itu, saat ini ketersediaan tempat tidur rumah sakit di Kabupaten Bogor sebanyak 4.143 unit, sementara standar ideal WHO rasio ketersediaan tempat tidur itu 1 banding 1.000 penduduk. Jumlah penduduk kita 5,4 juta jiwa, maka seharusnya ketersediaan tempat tidur rumah sakit 5.400 unit, sehingga kita masih defisit 1.257 tempat tidur.

“Untuk memenuhi standar WHO kita masih membutuhkan keterlibatan RS Swasta untuk berkolaborasi. Insyaallah kami sangat terbuka bagi swasta untuk membangun rumah sakit di Kabupaten Bogor. RSI Aysha bisa menjadi RS swasta rujukan di Kabupaten Bogor. Ini juga menjadi pilihan untuk masyarakat Kabupaten Bogor untuk berobat,” ujar Iwan.

Iwan Setiawan mengungkapkan, RSI Aysha ini sudah lengkap fasilitasnya dan nyaman. Dari sisi SDM nya juga sudah lengkap, karena sudah memiliki beberapa dokter spesialis. RSI Aysha harus dapat melayani dengan hati dan berkontribusi dalam mewujudkan Karsa Bogor Sehat.

Selanjutnya, Direktur Utama RS Islam Aysha, dr. Afian Sutandi menerangkan RSI Aysha dibangun untuk membantu masyarakat sekitar mendapatkan kemudahan akses pelayanan kesehatan, dan berdakwah melalui kesehatan. Kemudian turut serta Pemerintah Kabupaten Bogor mewujudkan Pancakarsa yakni Karsa Bogor Sehat.

“Mudah-mudahan bisa meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Bogor. Kami pun sudah menyiapkan untuk program BPJS, yang sudah dalam proses, semoga ini bisa memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan,” terang Afian. (Kimas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *